Visi dan Misi

Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi Pencapaian

1.  Visi

Visi Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UNS adalah menjadi program studi unggul di tingkat internasional dalam bidang ilmu dan teknologi pangan yang berorientasi pada pembangunan pertanian terpadu berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat pada tahun 2030.

Visi Fakultas Pertanian yaitu “sebagai penyelenggara pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian terpadu berkelanjutan yang unggul di tingkat internasional

Visi Universitas Sebelas Maret yaitu “Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional.

2. Misi

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu dan teknologi pangan untuk menghasilkan sarjana yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat internasional.
  2. Melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi pangan guna menunjang pembangunan pertanian terpadu dan berkelanjutan.
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan di bidang

3.  Tujuan

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan pertanian terpadu berkelanjutan untuk menghasilkan lulusan yang bertaqwa dan kompeten di bidang pertanian terpadu berkelanjutan yang berwawasan
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berguna bagi pembangunan pertanian terpadu
  3. Menyelenggarakan pengabdian dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pertanian terpadu berkelanjutan

4.  Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Dari tiga tujuan tersebut diatas, kemudian dijabarkan menjadi 4 sasaran
strategis. Keempat sasaran tersebut dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1. Kinerja pembelajaran dan kemahasiswaan
2. Kinerja riset dan pengabdian kepada masyarakat
3. Kinerja sumber daya manusia
4. Peningkatan kualitas tata kelola
Kegiatan Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Tahapan Target Pencapaiannya Berdasarkan Waktu (Tahun 2015–2019) lebih lanjut dapat dilihat secara lebih lanjut dapat dilihat secara rinci pada dokumen Rencana Strategis (RENSTRA) PS ITP UNS (2015- 2019).

 

 

  • Sosialisasi.

Uraikan upaya penyebaran/sosialisasi visi, misi dan tujuan program studi serta pemahaman sivitas akademika (dosen dan mahasiswa) dan tenaga kependidikan.

 

Pemahaman akan visi, misi, tujuan, serta sasaran Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan diwujudkan dalam bentuk setiap menyusun program kerja dan kegiatan harus selalu mengacu pada visi, misi dan tujuan program studi yang telah ditetapkan. Sosialisasi visi, misi, dan tujuan dilakukan secara tertulis melalui:

  1. Leaflet dan website Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UNS http://ilmupangan.fp.uns.ac.id/
  2. Menempel poster visi, misi dan tujuan di ruang masuk Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, sehingga para dosen dapat setiap saat melihat, membaca dan menginspirasi dalam kinerja  sehari-hari.
  3. Menempel di papan pengumunan program studi untuk mahasiswa.
  4. Sosialisasi juga dilakukan secara aktif melalui bahasa verbal disetiap awal pertemuan dalam lingkup civitas akademika dan tenaga kependidikan (rapat  program studi, orientasi mahasiswa baru, dan kegiatan Keluarga Mahasiswa HIMAGHITA), pengabdian kepada Masyarakat, dialog interaktif dengan TATV, Jogja TV.

Sosialisasi juga dilakukan secara lisan melalui pertemuan-pertemuan dengan civitas akademika dan tenaga kependidikan, rapat  program studi, pembimbing akademik, orientasi mahasiswa baru, dan kegiatan Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (Himaghita). Sosialisasi juga dilakukan saat ada kunjungan stakeholder atau saat kita melakukan kunjungan kebeberapa stakeholder.