Category Archives: berita

Tantangan dan Peluang Industri Pangan

bara yudhistira

Jumat, 30 Nopember 2018  Program Studi Teknologi Pangan UNS menyelenggarakan Kuliah Umum dengan mendatangkan praktisi yang merupakan alumni TP FP UNS. Adapun narasumber tersebut antara lain Desintya Dwi Herdiana, STP yang merupakan praktisi dari PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Food Seasoning Division), yang kedua yaitu Tyas Arby Astuti, STP sebagai Product Development PT. Lombok Gandari serta yang terakhir yaitu Risto Arsowati C, STP dari Rechess Factory.

Dalam acara tersebut membedah presefektif Industri Pangan dari latar belakang perusahaan yang berbeda.

Tantangan yang dihadapi perusahaan sekarang ini yaitu dengan banyaknya kompetitor dengan produk yang sama, sehingga setiap industri harus selalu melakukan inovasi. Hal tersebut tentu berimbas dengan sumber daya manusia yang dituntut untuk dapat cepat melakukan adaptasi, hal ini memberikan masukan untuk Program Studi Teknologi Pangan UNS untuk menyiapkan lulusan yang mampu bersaing.

Adapun peluang dari industri pangan saat ini yaitu pangsa pasar yang semakin terbuka, baik dalam maupun luar negeri sehingga kesempatan pengembangan industri pangan dapat berjalan luas. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peluang untuk berkarir dalam industri pangan terbuka luas.

Arti Penting Metabolomik

Bara Yudhistira

Bara Yudhistira

Metabolomik adalah proses penentuan metabolit sekunder atau mikromolekul BM antara 50-5000. Sinonim dari metabolomik adalah metabolite profiling atau penentuan metabolit-metabolit dengan karakter tertentu terkait dengan penyakit, respon pengobatan, metabolism obat, perlakuan kimiawi dan lain-lain. Hal ini disampaikan oleh Assist.Prof.Dr. Sastia Prama Putri dalam rangka International Guest Lecture Week 2018. Penelitian metabolomik dalam bidang pangan terus mengalami perkembangan, salah satunya dalam penentuan parameter sensoris suatu bahan atau makanan. Adapun komoditas yang cukup mendapat perhatian yaitu kopi, dimana Indonesia mempunyai banyak jenis kopi baik dari segi spesies maupun geografis.

Alumni THP 2004 Adakan Bakti Sosia di Daerah Kekeringan

bara yudhistira bara yudhistira

Alumni THP 2004 Fakultas Pertanian UNS mengadakan bakti sosial di daerah kekeringan. Bantuan diberikan kepada 37 KK berupa air bersih. Adapun bantuan tersebut diberikan dengan rincian 1 tanki ke dusun manggul, desa karangasem kecamatan paliyan kabupaten gunungkidul dan 7 tanki ke dusun trukan, rt 4 desa karangasem kecamatan paliyan kabupaten gunungkidul. Hal ini dilakukan mengingat kekeringan sudah  mulai sejak bulan puasa, selanjutnya ada sumur bor tapi warga yg akan kita kunjungi itu tidak terbagi karena jarak yang sangat jauh dg sumur bor tsb.

#by

Prodi ITP Menyelenggarakan Workshop Penyusunan Dokumen SPMI

Bara Yudhistira

Dalam rangka peningkatan  mutu operasional layanan dan administratif, Prodi ITP mengadakan workshop penyusunan dokumen SPMI. Acara tersebut diikuti oleh dosen prodi ITP. Dokumen yang disusun diharapkan mampu memberikan acuan terkait operasional prodi sehingga dapat  diterapkan dengan baik. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2018, bertempat di Hotel Sahid Jaya Surakarta.

Prodi ITP UNS menyelenggarakan Pelatihan Sistem Pembelajaran Daring

bara yudhistira

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan UNS mengadakan pelatihan sistem pembelajaran daring guna meningkatkan kemampuan dosen dalam menggunakan pembelajaran secara daring. Pelatihan ini diharapkan dapat segera diaplikasikan pada semester gasal 2018. Narasumber berasal dari LPPMP LPPM UNS. Pelatihan diikuti oleh dosen dengan antusias dan langsung dipraktekkan secara seksama.

link SPADA

Prodi ITP UNS Dukung Upaya Peningkatan UMKM Sragen

bara yudhistira

 

 

Dalam rangka pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa UNS tahun 2018, Prodi ITP UNS mengirimkan beberapa staff pengajar sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut. Salah satu kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu penyuluhan “Kemasan Pangan dan Pengurusan Izin PIRT” pada tanggal 24 Juli 2018 di Desa Tempelrejo, Mondokan, Sragen. Selama berlangsungnya penyuluhan cukup antusias diikuti oleh warga yang mayoritas merupakan pelaku usaha makanan seperti siomay, bakso, makanan kecil serta makanan yang lainnya.

Kemasan merupakan faktor yang sangat penting dalam pengembangan produk UMKM mengingat dengan kemasan yang baik dan menarik dapat meningkatkan minat konsumen yang pada akhirnya akan berdampak pada omset produsen. Prodi ITP UNS akan senantiasa mendukung pengembangan produk pangan daerah agar dapat meningkatkan perekonomian daerah.

#by