Category Archives: Uncategorized

Sinkronisasi Borang Prodi Teknologi Pangan FP UNS

WhatsApp Image 2018-12-13 at 18.07.44

Dalam rangka persiapan percepatan akreditasi BAN-PT Prodi Teknologi Pangan FP UNS, Jumat 14  Desember 2018 Fakultas Pertanian memfasilitasi proses sinkronisasi borang. Hal ini dimaksudkan untuk menyelaraskan semua data yang ada. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Pertanian UNS berharap kegiatan ini dapat dimaksimalkan untuk meraih target akreditasi Prodi Teknologi Pangan mendapatkan A.

Acara ini diikuti oleh seluruh pimpinan fakultas dan bagian terkait serta seluruh dosen dari Prodi Teknologi Pangan, acara dilakukan dengan pemaparan masing-masing standar untuk dilakukan review.

Prodi Teknologi Pangan FP UNS Apresiasi Pengembangan Ubi Jalar Karanganyar

Batik Telo BDS 001

Batik Telo BDS 001

Prodi Teknologi Pangan FP UNS sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah yang mengembangkan sumber daya lokal secara konsisten. Salah satu kabupaten yang cukup konsisten dalam mengembangkan potensi lokal daerah adalah Kabupaten Karanganyar. Pemda tersebut telah mengembangkan ubi jalar sebagai salah satu komoditas andalan dan menjadi ciri khas Kabupaten tersebut.

Dalam hal ini Prodi Teknologi Pangan FP UNS juga sudah lama melakukan penelitian dan pengembangan produk berbasis ubi jalar, untuk lebih memasyarakatkan dan transfer ilmu dan teknologi dengan media yang dapat diterima masyarakat Prodi Teknologi Pangan FP UNS membuat buku pedoman terkait ubi jalar dari budidaya on farm sampai dengan proses pengolahan pangan jadi.

Batik Telo BDS 001

Batik Telo BDS 001

Hal ini untuk menindaklanjuti perkembangan dalam pengolahan pangan berbasis ubi jalar. Selain itu juga Prodi Teknologi Pangan FP UNS mengembangkan Batik Telo BDS 001 sebagai salah satu media promosi agar ubi jalar ini menjadi objek motif batik khas Karangnayar. Harapan dengan pembuatan batik ini juga untuk mengimplementasikan visi UNS yaitu Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional. Dimana Batik merupakan salah satu budaya nasional yang terus dikembangkan sampai dengan saat ini.

 

Training ISO 22000 Prodi ITP FP UNS

Bara Yudhistira

Prodi ITP UNS melaksanakan training ISO 22000 pada tanggal 1-2 Desember 2018, hal tersebut dalam rangka menyiapkan lulusan yang kompeten untuk menghadapi perkembangan dalam bidang pengolahan pangan.

Training tersebut diikuti oleh peserta dari beberapa kampus, industri, alumni serta mahasiswa ITP UNS.

Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani Wunut melalui penganekaragaman olahan Produk Ikan Air Tawar

WhatsApp Image 2018-11-20 at 01.11.45 (1) bara yudhistira WhatsApp Image 2018-11-20 at 01.11.44

Desa Wunut Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten memiliki potensi budidaya ikan air tawar yang bisa dikembangkan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Desa ini merupakan salah satu desa tujuan wisata pemancingan di Kabupaten Klaten sehingga sebagian besar warga Desa Wunut hidup dari usaha pemancingan dan budidaya ikan air tawar. Produksi ikan di Wunut rata-rata mencapai 60 ton per bulan yang terdiri dari Lele dan Nila. Produksi ikan yang cukup tinggi belum diimbangi dengan proses pengolahan ikan air tawar tersebut menjadi produk olahan yang siap dikonsumsi untuk menambah nilai ekonomis hasil ikan air tawar. Integrasi potensi lokal (ikan air tawar) dan sumber daya manusia (SDM) yang ada sangat diperlukan di Desa Wunut untuk menunjang program desa minawisata desa Wunut. Produksi ikan tawar yang cukup tinggi harus diimbangi dengan peningkatan keterampilan SDM dalam pengolahan pangan dan pemasaran produk. Di Desa Wunut sudah terbentuk  kelompok wanita tani yaitu Kelompok Wanita Tani Dahlia dan Kelompok Wanita Tani Melati yang memiliki anggota masing-masing 25 orang.

Tim pengabdian kepada masyarakat, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret (UNS) melakukan pelatihan pengolahan produk olahan ikan air tawar salah satunya adalah bakso lele kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Wunut. Kepala Desa Wunut, Iwan Sulistiyo Setiawan sangat mendukung program ini karena hal ini sejalan dengan program Desa Wunut dalam upaya menjadikan Desa Wunut menjadi Desa Wisata Air. Pada tahun 2017, melalui dana desa, BUM Desa Wunut telah membangun tempat wisata Umbul Pelem melalui dana desa dan mulai beroperasi pada Mei 2018. Dengan pelatihan pengolahan produk ikan air tawar seperti lele dan nila diharapkan KWT Wunut dapat melakukan produksi bakso atau nugget ikan yang dapat dijual di Umbul Pelem tersebut.

Pada program ini, Tim pengabdian UNS juga memberikan pelatihan mengenai cara produksi pangan olahan yang baik (CPPOB) dan teknik pengemasan vakum pada produk bakso lele sehingga diharapkan anggota KWT Wunut dapat melakukan produksi bakso lele dengan kualitas seragam dana man dikonsumsi. Produk bakso lele tersebut diluncurkan dengan nama “Balenut” dan diharapkan menjadi salah satu oleh-oleh khas Desa Wunut.

Prodi ITP Adakan Lokakarya Percepatan Akreditasi

Bara Yudhistira

Dalam rangka persiapan percepatan akrediatasi Prodi ITP menyelenggarakan Lokarya Percepatan Akreditasi pada tanggal 12 November 2018 bertempat di Hotel Loji Surakarta.

Group Alumni THP/ITP UNS

formalgita

We are using a Facebook Group.

Click

 

 

Foreign Student so excited about Tempe Production

bara yudhistira

The fermentation process is one of the steps to make Tempe. Many factors can influence the product such as temperature, kinds of stater, humidity and kinds of Tempe also. The soybean Tempe production has a different way than Mlading Tempe. There are more complicated to produce Mlading Tempe because Mlading seed has a special characteristic, especially when “Ngarambang step” (make separate Mlading husk)
Mlanding Tempe is made from Mlading seed (Leucaena leucocephala) and produces by SME (small medium enterprise) in Wonogiri and Gunung Kidul. It is a local wisdom which produces from 1942. It has been producing until now by Wonogiri people although smaller than before.

International Workshop on Traditional Fermented Food 2018

WhatsApp Image 2018-11-06 at 9.48.32 AM

Tuesday, 6 November 2018 Food Science and Technology Department UNS held an International Workshop on Traditional Fermented Food. There is the first international workshop to introduce Indonesia Fermented Food because Indonesia has many traditional food especially traditional fermented food such as tempe, tape, dadih, etc. This workshop is attended by the student from Japan, Thailand, Malaysia, Timor Leste, Hongaria and also Indonesia.

The workshop will be held in Food Science and Technology Department UNS, Tempe Mlanding Small Medium Enterprise (SME) in Wonogiri,  Tempe Samodra Boyolali and the last is Rumah Kedelai Grobogan.

 

 

SFCC sebagai Ajang Kreativitas Pangan

13DEC332-B967-4018-839E-7327CF08D84C

Student Food Creativity Competition (SFCC) merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa tingkat SMA yang diadakan HIMAGHITA Prodi ITP UNS. Diharapkan dengan kompetisi ini mampu menciptakan inovasi pangan. Kompetisi ini diikuti oleh beberapa SMA/SMK dari berbagai daerah. Kompetisi ini diselengarakan melalui kerja sama antara Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan dan HIMAGHITA.

 

Tracer Study ITP UNS

Dalam rangka penelusuran alumni, mohon almuni dapat mengisi form dibawah ini:

https://goo.gl/UNC4qR

Kami ucapkan terima kasih