Tiga mahasiswi UNS raih juara di The SEAFAST-INDOFOOD FPDC 2020
Sabtu, 17 Okt 2020 22:33:44 WIB - 435 View

Tiga mahasiswi UNS raih juara di The SEAFAST-INDOFOOD FPDC 2020

Tiga mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali menorehkan prestasi pada ajang The Seafast-Indofood Food Product Development Competition atau yang disingkat FPDC 2020. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana banyak peserta berasal dari luar Indonesia karena kompetisi ini memang diadakan untuk tingkat Asia, untuk tahun ini peserta mayoritas berasal dari Indonesia menyesuaikan kondisi pandemi yang belum berakhir. Pada ajang kompetisi ini diadakan oleh Southeast Asian Food and Agricultural Science and Technology (SEAFAST) Center Institut Pertanian Bogor dan berhasil menyabet 3rd Winner pada kategori FOOD dengan menyisihkan 128 peserta tergabung dalam 45 tim dan berasal dari 10 PTN/PTS di Indonesia.

Tiga mahasiswa UNS tersebut yakni Nurul Fauzi, Tyas Arie Muktiningrum dari Program Studi (Prodi) Ilmu dan Teknologi Pangan dan Irfina Widya Istiqomah dari Prodi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanan, Fakultas Pertanian (FP) UNS. Tim tersebut sukses mengikuti kompetisi di bawah bimbingan Ibu Dian Rachmawanti Affandi, S.TP., M.P. selaku Dosen Prodi S1 Ilmu dan Teknologi Pangan. Tema kompetisi FPDC tahun ini yaitu “Indigeneous Healthy Food and Beverages for Promoting the Uniqueness and Richness of Asia”. Dari tema tersebut kemudian muncul ide dengan judul:  “Mi-Oy Cup: Free Gluten Instant Noodle From Oyek and Vigna unguiculata as an Innovation Functional Food From Indonesia’s Indigeneous Food” yang mengusung produk mie instan gluten free yang terbuat dari makanan tradisional khas kulon progo yaitu oyek/ growol yang terbuat dari singkong dan ditambahkan sumber protein kacang lokal yaitu kacang tunggak.

Kompetisi ini diselenggarakan secara daring dan secara keseluruhan dari pengumpulan karya sampai final presentasi menggunakan Bahasa Inggris. Terdapat beberapa alur lomba yang harus diikuti oleh ketiga mahasiswa tersebut yakni pendaftaran, pengumpulan abstrak, pengumpulan full paper dan tahap final presentasi karya dimana dari 10 tim yang lolos full paper, hanya 5 tim yang berhak mempresentasikan ide gagasannya dan Tim yang diketuai oleh Nurul Fauzi berhasil masuk ke dalam 5 tim tersebut. FPDC diselenggarakan dari mulai penggumpulan abstrak tanggal 2 Juli 2020, pengumuman lolos abstrak 3 Agustus 2020, pengumpulan full paper 31 Agustus 2020, pengumuman 10 tim lolos full paper 28 September dan tahap akhir final presentasi tanggal 14-15 Oktober 2020. Tim yang diketuai oleh Nurul Fauzi berharap semoga kedepannya inovasi yang telah digagas akan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat lokal untuk terus mengembangkan pangan lokal yang punya segudang potensi selain bagi kesehatan juga sebagai langkah mensukseskan program diversifikasi pangan di Indonesia. 
 

Oleh: Tyas AM