Prodi Teknologi Pangan FP UNS Apresiasi Pengembangan Ubi Jalar Karanganyar
Sabtu, 08 Des 2018 23:58:46 WIB - 195 View

Prodi Teknologi Pangan FP UNS Apresiasi Pengembangan Ubi Jalar Karanganyar

Prodi Teknologi Pangan FP UNS sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah yang mengembangkan sumber daya lokal secara konsisten. Salah satu kabupaten yang cukup konsisten dalam mengembangkan potensi lokal daerah adalah Kabupaten Karanganyar. Pemda tersebut telah mengembangkan ubi jalar sebagai salah satu komoditas andalan dan menjadi ciri khas Kabupaten tersebut.

Dalam hal ini Prodi Teknologi Pangan FP UNS juga sudah lama melakukan penelitian dan pengembangan produk berbasis ubi jalar, untuk lebih memasyarakatkan dan transfer ilmu dan teknologi dengan media yang dapat diterima masyarakat Prodi Teknologi Pangan FP UNS membuat buku pedoman terkait ubi jalar dari budidaya on farm sampai dengan proses pengolahan pangan jadi.

Hal ini untuk menindaklanjuti perkembangan dalam pengolahan pangan berbasis ubi jalar. Selain itu juga Prodi Teknologi Pangan FP UNS mengembangkan Batik Telo BDS 001 sebagai salah satu media promosi agar ubi jalar ini menjadi objek motif batik khas Karangnayar. Harapan dengan pembuatan batik ini juga untuk mengimplementasikan visi UNS yaitu Menjadi pusat pengembangan ilmu, teknologi, dan seni yang unggul di tingkat internasional dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur budaya nasional. Dimana Batik merupakan salah satu budaya nasional yang terus dikembangkan sampai dengan saat ini.