Penyelenggaraan Pengembangan Pribadi dan Karakter untuk Mahasiswa Baru ITP
Sabtu, 24 Okt 2020 12:09:13 WIB - 382 View

Penyelenggaraan Pengembangan Pribadi dan Karakter untuk Mahasiswa Baru ITP

Setiap tahun, Program Studi (Prodi) prodi Ilmu Teknologi Pangan menerima mahasiswa – mahasiswa baru yang datang dari berbagai macam daerah. Prodi ITP merupakan salah satu Prodi di UNS dengan tingkat keketatan tertinggi pada kelompok Saintek UNS. Hal ini menumbuhkan harapan akan lahirnya calon-calon pemimpin masa depan dari Prodi ITP. Terkait hal ini, Himpunan Mahasiswa Ilmu Teknologi Pangan (HIMAGHITA) berupaya membentuk kader – kader berkualitas melalui PAPRIKA (Pengembangan Pribadi dan Karakter). PAPRIKA diselenggarakan untuk meningkatkan keaktifan serta kepemimpinan mahasiswa ITP dalam berfikir kritis, aktif, serta mampu berkarya dan berperan aktif dalam organisasi, akademis maupun sosial. DI samping itu, kegiatan PAPRIKA dirancang dengan tujuan untuk menggali potensi diri mahasiswa baru ITP, memberikan edukasi dalam manajemen waktu serta membentuk hubungan interpersonal antar mahasiswa baru dan keluarga besar ITP. Pelaksanaan PAPRIKA disajikan dalam bentuk seminar dengan mengundang berbagai pembicara hebat untuk membawakan materi seputar prodi ITP, dunia perkuliahan, public speaking, leadership dan materi menarik lainnya. Selain itu sebagai salah satu bentuk dari Tri dharma perguruan tinggi, mahasiswa baru berkesempatan melakukan pengabdian langsung kepada masyarakat sekitar.

Kondisi pandemi saat ini tidak menghalangi panitia PAPRIKA untuk mengembangkan kreativitas. Pelaksanaan PAPRIKA diadakan dalam bentuk webinar melalui ZOOM.  dengan mengundang pembicara dan melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat sekitar UNS dan daerah tempat tinggal masing – masing mahasiswa baru. Tahun ini, PAPRIKA diketuai oleh Pius Pandu Bintang, mahasiswa ITP 2018 dibantu tim inti Mathilda Bella, Cholila Qurrotaa'yun, Azizah Zahroh, Siti Nirmala, Rika Ardelia, Mu'adz, Diinah Salwa, Theresia Listadiva, Aditya Bayhaqi yang merupakan mahasiswa ITP 2019, dan anggota panitia lainnya. Dalam penyelenggaraan PAPRIKA terdapat mitra yang terlibat, yaitu Sosis Gajahan. Kegiatan dimulai pada tanggal 26 September 2020 dan berakhir pada tanggal 24 Oktober 2020.

Manfaat yang diperoleh dari kegiatan PAPRIKA, yaitu mahasiswa baru mempunyai rasa kekeluargaan, saling memiliki dan peduli terhadap keluarga prodi Ilmu Teknologi Pangan dan HIMAGHITA. Serta diharapkan mahasiswa dapat berperan aktif dalam organisasi, akademis maupun sosial, sehingga pada akhirnya mahasiswa mampu berkarya yang diwujudkan dalam bentuk pengabdian, penelitian, serta kegiatan yang bermanfaat bagi Prodi Ilmu Teknologi Pangan dan HIMAGHITA. PAPRIKA diharapkan menjadi wadah mahasiswa mendapatkan pengalaman yang menarik dan pengetahuan yang semakin luas dengan mengundang pembicara – pembicara yang luar biasa serta dapat mencetak mahasiswa yang berkualitas dan bermanfaat dalam masyarakat.