Introduksi Teknologi Tepat Guna dan CPPOB pada Industri Minuman Rempah Serbuk UD Polanmadu Klaten
Selasa, 20 Okt 2020 00:09:20 WIB - 234 View

Introduksi Teknologi Tepat Guna dan CPPOB pada Industri Minuman Rempah Serbuk UD Polanmadu Klaten

Penerapan Cara Produksi Makanan dan Minuman yang baik merupakan kunci keberhasilan usaha dan menjaga kualitas produk agar konsumen tetap menjadi pelanggan setia, bahkan terus menambah pelanggan baru. UD Polanmadu Klaten merupakan salah satu usaha dibidang minuman herbal instan dengan beberapa produk minuman instan seperti Jahe, Kunir Putih, Sari Kunyit, Kencur dan Temu Mangga. Selama ini produksi dilakukan secara manual sehingga mengalami kendala antara lain pada pemarutan dan pemerasan menggunakan tangan sehingga tangan terasa panas, banyak bagian yang terbuang serta memerlukan waktu lama. Demikian juga pada pemasakan yang memerlukan waktu hingga 3 jam sangat menguras tenaga manusia. Berlatarbelakang masalah ini, Tim Pengabdi dari Grup Riset Food Quality and Health, ITP UNS dan Pusat Studi UMKM UNS yang terdiri dari berbagai disiplin ilmu melakukan inovasi dengan mendesain alat teknologi tepat guna yang sesuai untuk produksi minuman instan pada tingkat UKM berupa alat pengepres hasil parutan dengan sistem hidrolik, pemasak adonan dengan sistem pengadukan dan dismill penghancur kristal. Di samping itu, tim pengabdi juga memberikan pelatihan penerapan cara produksi yang baik pada UKM untuk menjaga konsistensi produk dan pelayanan yang baik.

Tim pengabdi dari UNS yang terlibat dalam kegiatan ini, yaitu sejumlah dosen dari Prodi Ilmu Teknologi Pangan (ITP) FP UNS: Dr. Ir. Choiroel Anam, M.P., M.T., Danar Praseptiangga, S.T.P., M.Sc., Ph.D., Anastriyani Yulviatun, S.T.P., M.Sc., dari Sekolah Vokasi: Nidyah Widyamurti, S.Sn., M.Ikom, dan dari Fakultas Teknik UNS: Prof. Dr. Dwi Aries Himawanto, S.T., M.T. Mitra UKM sekaligus target dari kegiatan pengabdian ini, yaitu UD Polanmadu, Desa Turus Kecamatan Polanharo, Kab Klaten. Rangkaian kegiatan pengabdian, mulai dari perancangan alat sampai dengan introduksi alat kepada UD Polanmadu dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus s.d. 19 Oktober 2020.

Introduksi alat proses produksi minuman rempah berupa Alat teknologi Tepat Guna agar kristal yang terbentuk menjadi serbuk instan. Dengan introduksi tiga alat, yaitu Pengepres hidrolik, Pemasak adonan rempah yang dilengkapi dengan sistem pengadukan, dan Alat dismill atau pemecah kristal, cara produksi minuman menjadi lebih baik dan higienis. Selain itu proses produksinya menjadi lebih cepat sehingga dapat memenuhi permintaan pasar. Kedepannya, proses monitoring dan evaluasi terus akan dilakukan sehingga kualitas produk bisa terjaga, termasuk mengurus kelengkapan legal usaha seperti PIRT, Sertifikasi Halal, dan ijin edar BPOM.

 

Oleh: CA, AY