Inisiasi Pembuatan Bahan Ajar Digital di Prodi ITP UNS: Satu Langkah menuju Era 4.0
Jumat, 04 Sep 2020 20:26:02 WIB - 247 View

Inisiasi Pembuatan Bahan Ajar Digital di Prodi ITP UNS: Satu Langkah menuju Era 4.0

Sebagai seorang ASN, dosen mempunyai tugas Tridharma, yaitu melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmu keahliannya. Dalam bidang pendidikan, dosen harus mampu memberikan performa terbaik terutama dalam peningkatan kapasitas dosen untuk mengoptimalkan perencanaan pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menulis bahan ajar dan optimalisasi proses pembelajaran daring melalui pembuatan video pembelajaran.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Program Studi Ilmu Teknologi Pangan menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Bahan Ajar dan Video Pembelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 3 September 2020, pukul 09.00-11.00 WIB. Pembicara pada kegiatan ini adalah Ridhwan Burhanuddin, S.Ikom (Consultant Publisher di Penerbit Deepublish) dengan Materi: “Teknik Penulisan Bahan Ajar yang Baik dan Benar" serta Dr. Endang Widiyastuti, S.Pd., M.Pd. (Koordinator Bidang Media Pembelajaran di Pusat Pengembangan Teknologi Informasi untuk Pembelajaran (PPTIuP) LPPMP UNS) dengan Materi: “Pembuatan Video Pembelajaran untuk Kuliah Daring”. Acara ini dihadiri secara daring oleh segenap dosen Prodi S1 Ilmu Teknologi Pangan (ITP) dan D3 Teknologi Hasil Pertanian (THP) UNS.
Dari acara ini, diperoleh ilmu baru tentang aturan, tata cara dalam membuat bahan ajar serta program-program yang dapat digunakan dalam pembuatan video pembelajaran. Selain itu, acara ini juga akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan MoU kerjasama antara Prodi ITP dengan Dee Publishing. Diharapkan kedepannya, semua mata kuliah Prodi ITP akan memiliki bahan ajar digital yang lengkap dan berkualitas.   
 


Video Terkait :