ICFSE 2018: SIAP HADAPI TANTANGAN PANGAN DI MASA MENDATANG
Kamis, 27 Sep 2018 01:23:20 WIB - 201 View

International Conference On Food Science and Engineering atau yang biasa dikenal dengan ICFSE adalah seminar internasional yang di adakan oleh Prodi Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sebelas Maret yang bekerjasama dengan beberapa universitas lain dari luar negeri. Kerjasama ini bertujuan untuk memberikan wadah bagi para akademisi dan peneliti dari seluruh dunia yang berkompeten serta berpengalaman di bidang teknik pangan dan yang terkait dengannya untuk berdiskusi dan saling berbagi tentang pengalaman dan ilmu yang mereka miliki.

Pada tahun 2018, ICFSE diselenggarakan pada tanggal 25-26 September di kota Surakarta dengan mengusung tema “Current perspective and Future Challenges in Food Science and Engineering for Sustainable Development”. Konferensi ini merupakan yang ke dua kalinya, setelah sukses diselenggarakan pertama kali pada tahun 2016. Pada konferensi ini hadir 7 pakar pangan dari berbagai belahan dunia, yaitu Prof Jinap Selamat dari Universiti Putra Malaysia, Senay Simsek dari North Dakota State University USA, Koen Dewettinck dari Ghent University Belgium, Jirawat Yongsawatdigul dari Suranaree University of Technology Thailand, Sastia Prama Putri dari Osaka University Japan, dan Jung Samooel dari Chungnam National University Korea. 

Berdasarkan topik utama pada ICFSE tahun ini, para peneliti mendiskusikan banyak hal mengenai pangan salah satunya adalah rekayasa panganan sehat yang dapat di konsumsi oleh masyarakat awam. Pada acara kali ini UNS juga siap untuk memperkenalkan beras hitam yang sudah di kembangkan. Riset beras hitam ini di kembangkan dan menjadi salah satu upaya memperkaya ketersedian dan keragaman makanan sehat yang ada, mengacu dengan pertumbuhan populasi penduduk dunia yang terus meningkat dan memerlukan cadangan pangan di masa mendatang.

Pada tahun ini perserta yang terlibat berasal dari berbagai kalangan, diantaranya para peneliti, akademisi, para mahasiswa sarjana dan pasca sarjana serta elemen masyarakat yang diharapkan dapat mengambil ilmu dari seminar kali ini. "Ini adalah forum bersama para ahli di bidangnya untuk membahas berbagai hal mengenai pangan," kata Ketua Panitia ICFSE 2018, Danar Praseptiangga. 

 

Oleh: AA