Gagasan Pangan Fungsional Mahasiswi ITP UNS Raih 2 Penghargaan pada Kompetisi Esai Nasional
Sabtu, 17 Okt 2020 00:26:53 WIB - 1250 View

Gagasan Pangan Fungsional Mahasiswi ITP UNS Raih 2 Penghargaan pada Kompetisi Esai Nasional

Kembali menorehkan prestasi, mahasiswi Ilmu Teknologi Pangan (ITP) meraih penghargaan pada lomba tingkat Nasional. Lulu Hidayatul Khasanah yang merupakan mahasiswi Prodi ITP Semester 5 angkatan 2018 berhasil membawa pulang penghargaan Juara 3 Lomba Esai Nasional Festival Gizi 2020 yang diselenggarakan Poltekkes Kemenkes BandungAjang ini melombakan gagasan-gagasan tertulis terkait tema “Pentingnya Pengetahuan Kulinari dalam Praktik Dietetik dan Pemanfaatan Bahan Pangan Berbasis Lokal untuk Membantu Pemenuhan Gizi Seimbang”. Lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 7–13 September 2020 melalui tahap pengumpulan karya, penjurian yang ketat, hingga pengumuman pemenang lomba pada tanggal 10 Oktober 2020Gagasan Lulu yang berjudul “Snack Bar Berbasis Umbi Garut dan Daun Kelor Sebagai Makanan Selingan Bergizi Bagi Remaja Putri Untuk Mencegah Stuntingberhasil mendapatkan peringkat terbaik ke-3 di tingkat nasional.

Tak berhenti sampai disitu, Lulu kembali beradu di Lomba Esai Nasional World Food Competition 2020 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Pangan, Institut Teknologi Sumatera. Tahap pengumpulan karya lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 1–8 Oktober 2020 dan pemenang lomba diumumkan pada tanggal 16 Oktober 2020. Tema kompetisi ini,  yaitu “Peran Masyarakat terhadap Pengembangan Makanan Tradisional untuk Indonesia Sehat”. Pada kompetisi yang ke dua ini, gagasan Lulu yang berjudul Klepon berbasis Umbi Garut dan Ekstrak Daun Kelor sebagai Upaya Peningkatan Mutu Makanan Tradisional Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh pada Masa Pandemi Covid-19” mendapat apresiasi sebagai Juara 1 Esai Terbaik.

Lulu beranggapan bahwa perlu ada diversifikasi pangan lokal untuk mejaga ketahanan pangan di Indonesia, terutama di masa pandemi COVID-19. Lebih jauh lagi, Lulu berharap agar di masa mendatang semakin banyak pengembangan inovasi pangan lokal di IndonesiaSumber bahan pangan yang melimpah serta kandungan zat gizi dan senyawa fungsionalnya yang baik membuka peluang untuk generasi muda Indonesia berkarya, mengembangkan produk-produk pangan yang dapat mencegah berbagai penyakit.